Oleh: zoudib | 22 Maret 2010

Mim, akankah berhasil ke-latah-an ini??

Kalau kita ingat beberapa tahun yang lalu, -walaupun sangat jauh dalam hal kemudahan penggunaan dan keatraktifannya-, Yahoo! pernah memiliki layanan Yahoo! 360° yang memberikan fasilitas social networking serupa Facebook yang sekarang saat populer. Tapi alangkah lucunya, program beta ini ditutup di tahun 2009 yang ditandai dengan adanya notifikasi surat ke pengguna email Yahoo!, berikut ini yang juga dikirim ke email saya😆

Dear Yahoo! 360° customer,

On July 13, 2009, Yahoo! 360° will be closing and your new profile on Yahoo! will become the place where you connect with the people who matter to you most. With only fourteen days remaining, it’s important for you to save any information you’d like to keep, and begin transferring your blog to your new profile. Anything not saved from your Yahoo! 360° account before July 13, 2009, will no longer be accessible. Here are some details to guide you through the transition…..

Saat ini jelas Yahoo! sudah ketinggalan kereta kalau masih berfikir untuk menyaingi Facebook. Jangankan Yahoo!, beberapa situs social networking seperti MySpace, Friendster, dll pun juga sepertinya mulai gigit jari melihat tren popularitas Facebook yang terus naik.

Tapi ternyata, disamping situs jejaring sosial ini, saat ini muncul juga tren yang orang menyebutnya microblogging, yaitu Twitter. Situs ini menawarkan fasilitas kemudahan sharing pengalaman dan kegiatan sehari-hari lebih cepat dan atraktif dengan konsep menghilangkan sharing sesuatu yang berlibet seperti foto atau video dan meminimalkan item yang bisa dibagi.

Melihat adanya fenomena ini, Yahoo sepertinya tertarik (baca: latah) untuk mencoba keberuntungannya ikut terjun ke segmen microblogging ini, mengingat (mungkin) lebih mudah membangun firmware untuk situs plain serupa Twitter dibanding berpusing ria membangun serupa Facebook yang terus berinovasi. Maka saati ini muncullah Yahoo! Mim, -nama yang aneh-😆, yang menawarkan sharing pengalaman dan kegiatan sehari-hari, berinteraksi dengan followers serupa Twitter, tapi tidak hanya teks, disini Mim menawarkan lewat teks, foto dan video. Akankah Yahoo! berhasil mem-follow pendahulu-pendahulunya?? kita lihat…😆


Responses

  1. yo apik

    • kharis
      terimakasih atas kunjungannya

      zoudib


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: